Panduan pemula menggunakan Construct 2

  • 0 favourites

Index

Tagged

Contributors

Stats

182,354 visits, 187,329 views

Tools

Menambahkan fungsi permainan

Jika setiap event dijelaskan sedetail seperti sebelumnya, ini akan menjadi tutorial yang cukup panjang. Mari kita membuat deskripsi sedikit lebih singkat untuk event berikutnya. Ingat, langkah-langkah untuk menambahkan condition atau action adalah:

1. Klik dua kali untuk menyisipkan event baru, atau klik tanda add action link untuk menambahkan suatu action.

2. Klik dua kali di objek maka condition/action akan hadir.

3. Klik dua kali condition/action yang Anda inginkan.

4. Masukkan parameter, jika diperlukan.

Mulai sekarang, event akan dijelaskan seperti obyek, diikuti oleh condition/action, diikuti dengan parameter apapun. Misalnya, event yang baru saja kita dimasukkan dapat ditulis:

Tambahkan condition System -> Every tick

Tambahkan Action Player -> Set angle toward position -> X: Mouse.X , Y: Mouse.Y

Membuat pemain menembak

Dalam permainan ini, Ketika pemain meng klik mouse, maka player harus menembakkan peluru. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan action Spawn an object di Player, yang akan memunculkan sebuah objek baru (peluru) pada posisi dan sudut tertentu. Behavior Bullet Movement yang kita tambahkan sebelumnya maka akan membuat peluru bergerak keluar ke depan. Buatlah event berikut:

condition: mouse -> On click -> Left clicked (default)

Action: Player -> Spawn another object -> Untuk Object , Pilih objek Bullet . Untuk Layer , berikan nilai 1 (Layer "Main" adalah lapisan pertama - ingat construct 2 Menghitung dari nol). Biarkan image point bernilai 0.

Event kita sekarang seharusnya terlihat seperti ini:

Jika Anda menjalankan permainan, Anda akan melihat peluru menembak dari tengah pemain, bukan dari ujung pistol. Mari kita memperbaikinya dengan menempatkan Image Point di ujung pistol. (Sebuah image Point adalah sebuah titik posisi pada gambar.)

Klik kanan pemain dalam proyek atau objek bar dan pilih Edit animation .

Image editor untuk pemain muncul kembali. Klik tool Origin and image points:

... dan dialog image points pun terbuka:

Perhatikan imager point objek asal muncul sebagai titik merah. Itulah "hotspot" atau "titik poros" dari objek. Jika Anda memutar objek, maka objek akan berputar bersumbu pada titik tersebut. Kita menginginkan untuk menambahkan image point lain pada pistol, jadi klik tombol hijau add button . Sebuah titik biru muncul - itu adalah image point baru kita. klik kiri pada akhir pistol player untuk menempatkan image point:

Tutup jendela image editor. Klik dua kali action Spawn an object yang telah kita tambahkan sebelumnya, dan rubah Image Point Gambar ke 1 . (The Origin selalu menjadi image point gambar yang pertama, dan ingat Construct 2 Menghitung dari nol.) Event kita sekarang harus terlihat seperti di bawah ini - catatan : sekarang image point akan bernilai 1 :

Jalankan permainan. Peluru sekarang menembak dari ujung pistol Anda! Peluru tidak melakukan apa pun, meskipun. Namun, Mudah-mudahan, Anda akan mulai menyadari bahwa sekarang setelah Anda paham dengan event, anda bisa membuat sebuah fungsi (event) dengan cepat.

Mari kita membuat peluru membunuh monster. Tambahkan event berikut:

Condition: Bullet -> On collision with another object -> pilih Monster.

Action: Monster -> Destroy

Action: Bullet -> Spawn another object -> Explosion, layer 1

Action: Bullet -> Destroy

Efek ledakan

Jalankan permainan, dan coba menembak monster. Ups, ledakan memiliki tepi hitam besar!

Anda mungkin telah memperkirakan itu akan terlihat seperti itu dari awal, dan bertanya-tanya apakah permainan kita benar-benar akan berakhir seperti itu! Jangan khawatir, tidak akan. Klik objek Ledakan baik dalam objek bar di kanan bawah, atau bar Project (tab dengan layer bar). Properties muncul di properti bar di sebelah kiri. Di bagian bawah, aturlah Blend mode properti ke Aditif . Sekarang coba mainkan game nya lagi.

bagaimana cara kerja nya? Tanpa perlu membahas hal teknis , ketika gambar biasa yang disisipkan di atas layar. Dengan efek aditif, setiap pixel akan menambahkan (seperti didalam, dijumlahkan) dengan pixel latar belakangnya. Hitam adalah nilai awal pixel, sehingga tidak ada yang akan ditambahkan - Anda tidak melihat latar belakang hitam. Warna cerah menambahkan, sehingga tampil lebih kuat. Ini bagus untuk ledakan dan efek pencahayaan.

Membuat Monster sedikit lebih pintar

Sekarang monster hanya berkeliaran di layout ke kanan. Mari kita membuat mereka sedikit lebih menarik. Pertama-tama, mari kita arahkan mereka pada sudut menuju acak.

Condition: System -> On start of Layout

Action: Monster -> Set angle -> random(360)

Mereka masih akan berkeliaran selamanya, ketika mereka meninggalkan layout, maka akan tidak pernah terlihat lagi. Mari kita menjaga mereka di dalam layout. Apa yang akan kita lakukan adalah mengarahkan mereka kembali pada pemain ketika mereka meninggalkan Lay out. Ini memerlukan dua hal: mereka selalu tetap dalam tata letak, dan jika pemain masih berdiri, monster datang tepat kearah pemain!

Condition: Monster -> Is outside layout

Action: Monster -> Set angle toward position -> For X, Player.X - for Y, Player.Y.

Jalankan permainan. Jika Anda bermain untuk sementara waktu, Anda akan melihat monster tinggal di sekitar layout, dan mereka akan bergerak ke segala arah.

Sekarang, misalkan kita ingin menembak monster lima kali sebelum meninggal, daripada kematian instan seperti itu pada saat ini. Bagaimana caranya? Jika kita hanya menyimpan satu nilai "Health", kemudian setelah kita telah memukul monster lima kali, semua monster akan mati. Sebaliknya, kita perlu setiap monster memiliki sendiri nilai health nya. Kita dapat melakukannya dengan Instance variable .

  • 0 Comments

  • Order by
Want to leave a comment? Login or Register an account!