Panduan pemula menggunakan Construct 2

  • 0 favourites

Index

Tagged

Contributors

Stats

187,036 visits, 198,464 views

Translations

Tools

Menambahkan Behavior

Behavior merupakan kemampuan object yang telah dikemas sedemikian rupa dalam Construct 2. Misalnya, kita bisa menambahkan behavior Platform ke object player, dan behavior Solid ke object lantai, dan hanya dengan itu kita bisa langsung membuat object player tersebut bisa melompat-lompat ke mana saja seperti pada game-game platformer. Kita juga bisa melakukan hal yang sama dengan mengaturnya menggunakan event, tapi akan lumayan sulit dan ribet untuk seorang pemula. Lagian, untuk apa susah-susah mengaturnya menggunakan event kalau hanya dengan menggunakan behavior bisa diterapkan hasil yang sama dengan cara yang lebih mudah. Nah, mari kita lihat behavior apa saja yang dapat kita gunakan dalam game ini. Di antara aplikasi-aplikasi pembuat game lainnya, Contruct 2 lah yang menyediakan behavior-behavior tersebut;

- 8 Direction Movement. Behavior ini dapat membuat kita memindahkan suatu object menggunakan keyboard tanda panah. Akan sangat cocok jika diterapkan pada object Player.

- Bullet Movement. Behavior ini membuat suatu object secara otomatis berpindah ke arah depan object tersebut seperti perpindahan peluru. Akan sangat cocok jika diterapkan pada perpindahan object Bullet karena perpindahan dari behavior ini hanyalah ke arah depan objectnya dengan kecepatan tertentu.

- Scroll to. Behavior ini membuat layar monitor atau screen mengikuti perpindahan suatu object (juga disebut dengan Scrolling). Akan sangat cocok jika diterapkan untuk object Player.

- Bound to layout. Behavior ini akan mencegah suatu object untuk keluar dari area layout saat gamenya dimainkan. Akan sangat berguna jika diterapkan pada object Player supaya tidak keluar dari area layout ataupun area game.

- Destroy outside layout. Behavior ini tidak akan mencegah suatu object keluar dari area layout, akan tetapi object tersebut akan dihancurkan jika keluar dari area layout. Akan sangat cocok jika diterapkan pada object Bullet untuk mencegahnya tetap beterbangan di luar layout selamanya sehingga membuat memori penuh.

- Fade. Behavior ini membuat suatu object memudar atau menghilang secara perlahan. Akan sangat berguna jika diterapkan pada object Explosion.

Mari tambahkan behavior-behavior di atas pada object-object yang membutuhkannya.

Cara menambahkan Behavior

Silakan tambahkan behavior 8 Direction Movement pada Player. Klik Player untuk men-select objectnya. Pada Properties bar, lihatlah pada bagian Behavior. Klik Add/Edit. Jendela dialog Behavior akan muncul.

Klik icon berwarna hijau Add Behavior pada jendela dialog Behavior. Klik dua kali pada 8 Direction Movement untuk menambahkannya.

Lakukan hal yang sama dan tambahkan behavior Scroll To untuk membuat screen selalu mengikuti perpindahan Player. Dan tambahkan juga behavior Bound to layout untuk mencegah Player keluar dari area layout. Jendela dialog Behavior nya akan terlihat seperti berikut ini:

Close jendela dialog behavior nya. Tekan Run untuk mencoba gamenya!

Kamu harus memiliki browser yang compatible dengan HTML5 untuk bisa mencoba game ini. Pastikan browser seperti Firefox atau Chrome yang terinstal di komputer Kamu sudah diupdate ke versi terbarunya. Setelah gamenya muncul di browser, kita langsung bisa memindahkan Playernya menggunakan keyboard tanda panah dan perhatikanlah layarnya akan terus mengikuti Player kemanapun kita memindahkannya! Selain itu Playernya tidak akan bisa kita pindahkan ke luar layout karena behavior Bound to Layout sudah terapkan pada object Playernya. Itulah fungsi dari behavior – dapat menambahkan fungsi yang dapat diterapkan pada object-object tanpa perlu cara yang rumit. Sebentar lagi kita akan menggunakan sistem event untuk memodifikasi fungsi-fungsi tersebut.

Menambahkan behavior lainnya

Kita dapat menambahkan behavior pada object-object lainnya dengan cara yang sama – Select objectnya, klik Add/Edit untuk membuka jendela dialog Behavior. Silakan tambahkan behavior berikut ini:

- Tambahkan Bullet movement dan Destroy outside layout pada object Bullet

- Tambahkan Bullet movement pada object Monster (Monsternya juga akan berjalan ke depan saja)

- Tambahkan Fade pada object Explosion (dengan begitu ledakannya akan menghilang sedikit demi sedikit). Secara default, behavior Fade juga akan menghancurkan objectnya setelah menghilang, yang dapat membuat kita lega tanpa harus mengkhawatirkan gamenya macet karena memori yang kepenuhan.

Jika gamenya dimainkan, kita akan melihat sesuatu yang berbeda yaitu monsternya akan berjalan lumayan cepat. Hal ini dapat diatasi dengan cara select object Monster. Lihatlah ada banyak properties tambahan yang muncul pada properties barnya setelah kita menambahkan behavior sebelumnya:

Hal tersebut membuat kita bisa memodifikasi cara kerja behaviornya sesuai keinginan kita. Ubahlah Speed dari 400 menjadi 80 (kecepatannya merupakan pixels/second).

Dengan cara yang sama, ubahlah kecepatan object Bullet menjadi 600; dan behavior Fade untuk object Explosion pada Fade out tiime menjadi 0.5 (setengah detik).

Buat lebih banyak lagi monster

Sambil menekan tombol control, klik dan drag object Monster. Objectnya akan melahirkan object lain lagi yang mana juga merupakan object lain dari type object Monster.

Type atau tipe-tipe object pada dasarnya ‘classes’ atau golongan-golongan object. Di sistem event, kita akan lebih sering berurusan dengan type –tipe object. Contohnya, kita akan membuat event seperti “Bullet collides with Monster” yang dapat diartikan “Setiap instance dari type object Bullet akan bertabrakan dengan setiap instance dari type object Monster” - kebalikan dari keharusan untuk membuat event-event tersendiri untuk tiap-tiap monster. Dengan Sprite, seluruh instance dari type suatu object juga dapat memiliki texture atau jaringan yang sama. Hal ini sangat bagus untuk efisiensi – pada saat gamers memainkan game online Kamu, mereka tidak harus mendownload seluruh 8 texture monsternya, yang perlu mereka download hanyalah satu texture monster saja dan Construct 2 lah yang akan mengulangi monsternya sebanyak 8 kali. Kita akan membahasnya lebih lanjut lagi pada pembahasana object types vs. Instances. Untuk saat ini, ilustrasi yang tepat untuk menjelaskannya yaitu musuh atau enemy yang memiliki type yang berbeda adalah type object yang berbeda, yang mana musuh-musuh itu sendiri yang sebenarnya adalah instances dari type object-object tersebut.

Dengan menekan tombol control + drag, buatlah 7 atau 8 monster baru. Jangan diletakkan terlalu berdekatan dengan Playernya jika tidak ingin Player langsung mati saat memulai game! Kita bisa zoom out menggunakan tombol control + scroll mouse ke bawah dan sebarkan monster-monster itu diseluruh layout. Kira-kira layoutnya akan seperti ini:

Sekarang saatnya kita menambahkan functionality sesuai dengan keinginan kita melalui visual method of programming di Construct 2 - event system.

  • 0 Comments

  • Order by
Want to leave a comment? Login or Register an account!