Bagaimana cara "upgrade" objek menjadi sebuah family

1
  • 0 favourites

Sangat baik untuk mempersiapkan hal ini saat membuat sebuah project, dan menentukan kapan kamu memerlukan family untuk tingkat yang lebih lanjut. Akan tetapi sangat mudah untuk melupakan itu dan akhirnya berakhir dengan banyaknya jumlah event untuk setiap objek spesifik tertentu, padahal kamu bisa menggunakan family untuk menangani hal tersebut. Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana cara mengkonversi semua event tersebut ke dalam sebuah family, sambil tetap menjaga keterhubungan instance variable dan behavior dari objek tersebut, tanpa harus me-"redo" semua event satu demi satu.

Contoh

Misalnya kita mempunya sebuah objek Monster dimana kita ingin menggantinya dengan family bernama Enemies sehingga kita dapat menambah jenis monster lainnya dengan mudah... tetapi kita telah memiliki 100 events untuk Monster! Ini caranya untuk meng-"upgrade" nya menjadi sebuah family.

Back up

Tutorial ini menyebabkan perubahan dalam jumlah besar pada project-mu. Jika kamu melakukan kesalahan, kamu akan dapat masalah. Jadi pastikan kamu telah mem-"backup" project kamu. Jika belum, kamu dapat mengaktifkan Construct 2's automatic backup.

Proses

Pertama-tama, kita harus membuat family yang akan digunakan untuk mengganti objek nantinya. Kita tidak dapat membuat family "kosong", oleh karena itu kita perlu membuat objek kosong yang akan digunakan untuk sementara waktu. Untuk kasus ini, buatlah sebuah Sprite baru dan tambahkan ke layout (tidak perlu khawatir tentang adanya gambar atau tidak, kita akan menghapusnya nanti). Jika kamu menggantinya dengan objek berbeda lainnya, seperti objek Text atau Tiled Background, buat salah satu darinya sebagai gantinya.

Selanjutnya, buat family. untuk kasus ini kita memanggilnya Enemies. Saat di-tanya untuk menambahkan objek ke sebuah family (dikarenakan family tidak bisa kosong), tambahkan objek kosong yang baru kamu buat dan tekan OK.

Sekarang kita perlu menambahkan semua instance variables, behaviors and effects yang sama pada objek yang terhubung ke family. Objek hanya bisa digantikan oleh objek atau family lain yang memiliki kesesuaian dengan instance variables, behaviors dan effects, oleh karena itu kita perlu menambahkan objek yang benar-benar sesuai ke family. Objek-objek tersebut harus memiliki nama yang identik. Sebagai contoh, jika Monster memliki sejumlah instance variables health dan speed, dan bullet behavior bernama Bullet, kita harus menambahkan sejumlah health dan speed instance variables pada Enemies family, begitu pula dengan Bullet behavior.

Sekarang event dapat digantikan dengan referensi ke family! Pada event sheet-mu, select all (Ctrl+A) lalu tekan R (untuk Mengganti Objek). Pertama pilih objek yang ingin kamu ganti (pada kasus ini Monster), lalu kamu dapat menggantinya dengan family. Jika family tidak muncul, atau sebuah pesan muncul menandakan bahwa tidak ada objek yang dapat digantikan, double-check family yang mempunyai instance variables, behaviors dan effects yang sama persisi beserta nama dan tipenya.. Jika kamu mempunyai banyak event sheet dengan event yang mengacu pada sebuah objek, kamu juga perlu melakukan proses ini secara berulang pada setiap event sheet, pilih semua event lalu ganti objek dengan family.

Event sheet-mu kini mengacu pada sebuah family! Tetapi objek asli kita - Monster - tidak ada di family. Kita belum bisa menambahkannya, karena instance variable dan behaviornya bertentangan dengan family.

Oleh karena itu, sekarang hapus semua instance variables, behaviors dan effects dari objek asli. Coba untuk tidak terlalu gugup - karena sekarang tidak ada satu pun event yang mengacu pada suatu objek, sejak kita mengganti semuanya dengan family. (Dan kamu telah melakukan backup sebelumnya... betul?)

Pada project bar, edit family baru dan tambahkan objek ke family. Pada contoh kasus ini, kita menambahkan objek Monster ke family Enemies. Jika kamu mendapatkan error, pastikan kamu telah menghapus semua instance variables, behaviors dan effects dari objek yang bersangkutan. Kita juga tidak perlu objek sementara lagi, jadi kamu dapat menghapus objek sementara dari family, lalu hapus objek tersebut dari project sepenuhnya dari project bar.

Hasil akhir

Sekarang semua event-mu mengacu pada sebuah family, tidak lagi ke objek, dan semua objek mewarisi semua instance variables, behaviors dan effects yang sama dari family. Jadi ini bekerja sesuai dengan fungsinya, sekarang kamu dapat menambahkan objek lainnya ke family, mengambil keuntungan mengimplementasikan family event ke tipe objek yang berbeda. Semoga ini memudahkan kamu dalam beberapa hal!

  • 2 Comments

  • Order by
Want to leave a comment? Login or Register an account!